Contoh RPP SD Kelas 2 Semester 2

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK

Nama Sekolah :
Kelas / Semester : 2 / 2
Tema : Kegiatan sehari-hari
Waktu : 2 Minggu

Standar Kompetensi

Matematika
- Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan ratusan

IPA
- Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, serta mengenal berbagai tempat hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar

Matematika
- Membandingkan bilangan dari satuan, puluhan, dan ratusan
- Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan ratusan

IPA
- Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar melalui pengamatan
- Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
- Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan

I. Tujuan Pembelajaran:

Matematika
- Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ratusan
- Siswa dapat membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
- Siswa dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
- Siswa dapat menjumlah bilangan dengan satu kali teknik menyimpan
- Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam
- Siswa dapat menyelesaikan soal hitung campuran

IPA
- Siswa dapat mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
- Siswa dapat mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
- Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
- Siswa dapat mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar
- Siswa dapat mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar
- Bagian utama tumbuhan dan hewan
- Sifat benda
- Perubahan wujud benda
- Operasi hitung
- Nilai tempat
- Mengurutkan bilangan

III. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
- Demontrasi
- Pemberian tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal:
Apresepsi/ Motivasi:
- Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
- Mengisi daftar kelas, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Mengumpulkan tugas/ PR

Kegiatan Inti:
Pertemuan pertama 2 x 35 menit (Matematika dan IPA)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
- Mengajak peserta didik untuk menyanyikan sebuah lagu
- Memperlihatkan alat peraga, agar peserta didik mudah mengerti
- Melalui penjelasan guru, siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
- Mengamati bagian-bagian dari tumbuhan dan hewan

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
- Secara kelompok melakukan diskusi dan tanya jawab tentang nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, dan menyelesaikan masalah
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
- guru memberikan penguatan positif dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa.
- Guru memberikan penjelasan terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi melalui berbagai sumber.
- Guru sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan, dengan bahasa yang baku dan benar.
- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.

Kegiatan awal:
Apresepsi/ Motivasi:
- Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
- Mengisi daftar kelas, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Mengumpulkan tugas/ PR

Kegiatan Inti:
Pertemuan kedua 2 x 35 menit (Matematika dan IPA)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
- Mengajak peserta didik untuk menyanyikan sebuah lagu
- Memperlihatkan alat peraga, agar peserta didik mudah mengerti
- Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan dalam operasi hitung
- Membedakan jenis-jenis tumbuhan dan hewan

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
- Secara kelompok melakukan diskusi dan tanya jawab tentang operasi hitung
- Dengan penjelasan guru tentang pengerjaan hitung bilangan, siswa mampu mengubah kalimat pengurangan ke dalam bentuk penjumlahan
- Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan sehingga siswa mampu menghitung penjumlahan pada bilangan tanpa teknik menyimpan.
- Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru, yang berhubungan dengan pengurangan, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek
- Dengan pemberian contoh dan penjelasan guru tentang penjumlahan dan pengurangan, siswa mampu menghitung/ menyelesaikan soal hitung campuran.
- Melalui pengamatan yang berhubungan dengan tumbuhan dan hewan siswa dapat membedakan bagian-bagian dari tumbuhan dan hewan.
- Secara kelompok menyebutkan bagian-bagian dari tumbuhan dan hewan serta melaporkan hasilnya.
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, dan menyelesaikan masalah
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
- guru memberikan penguatan positif dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa.
- Guru memberikan penjelasan terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi melalui berbagai sumber.
- Guru sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan, dengan bahasa yang baku dan benar.
- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup
- Bersama-sama dengan siswa dan atau sendiri membuat rangkumanatau simpulan pelajaran.
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan
- Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan atau memberikan tugas baik secara individu maupun berkelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

V. Alat dan sumber belajar
- Buku pelajaran Matematika SD kelas 2, penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Bulu pelajaran Sains SD kelas 2, penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Alat peraga
- Gambar tanaman dan binatang
- Sumber lain.

VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Evaluasi
Matematika
1. 439 dibaca……………………………
2. 327 = ……….. ratusan + ………… puluhan + ………….. satuan
3. Urutkan bilangan dibawah ini dari yang terkecil!
641, 172, 427, 286, 614, dan 511
4. Hitunglah :
257 + 234 =
142 + 122 =
187 + 67 +112 =
IPA
1. Ikan bernapas dengan ……….
2. Anjing mempunyai ……. kaki
3. Bagian tumbuhan yang masuk kedalam tanah…..
4. Yang mana termasuk hewan dari nama-nama berikut
Bunga Anggrek, Lebah, Sapi, Kucing, Pohon Mangga

Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
2. Performansi
3. Lembar Penilaian

CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui ………, …………….. 20…
Kepala Sekolah……………… Guru Tematik Kelas II

(…………………………) (…………………………)
NIP/NIK :………………. NIP/NIK :……………….

atau bisa juga Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s